Sejarah Nagari


SEJARAH NAGARI INDERAPURA SELATAN KECAMATAN PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

 

Nagari Inderapura Selatan adalah salah satu Nagari hasil Pemekaran Nagari Induk yakninya Inderapura pada tahun 2009 yang terletak dibagian Selatan wilayah Kecamatan Pancung Soal. Nama Nagari Inderapura Selatan terdiri dari dua kosa kata yakninya “Inderapura” dan ” Selatan”.

Inderapura adalah nama Nagari semenjak dahulunkala yang sampai saat ini menjadi sejarah yang tidak bias dipisahkan dan harus dipertahankan dalam tatanan adat salingka Nagari yang bernaung dibawah satu kesatuan Adat Nagari yaitu  :

Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura. Kemudian Selatan, Selatan menunjukkan Nagari bagian selatan di wilayah Kecamatan Pancung Soal.

Nagari Inderapura Selatan wilayahnya terdiri dari dataran rendah dan perbukitan yang mempunyai tingkat kemiringan yang landai sehingga tanaman pertanian dapat tumbuh hijau dan subur, baik tanaman pertanian maupun tanaman perkebunan.

Sebelum dimekarkan, Nagari Inderapura Selatan hanya berstatus Kampung  yang sebelumnya Pemerintaha Nagari juga berstatus Desa sebagaimana layaknya Desa yang ada di Negara Republik Indonesia, berdasarkan sejarah yang dihimpun adanya masyarakat dalam status Desa pada tahun 1958 berkembang sampai saat sekarang ini.

Nagari Inderapura Selatan sejak berdirinya dipimpin oleh :

NO

NAMA

MASA JABATAN

1

M. KAMIL INDRA

2009 – 2015

2

MARTIUS DT BENDANG

2016

3

JAMILUS

2017 – 2022




Comments