You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Selatan
Nagari Inderapura Selatan

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE INDERAPURA SELATAN

PENYULUHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTN) OLEH PUSKEMAS PANCUNG SOAL

VINNI YUNITA 20 November 2020 Dibaca 432 Kali

PENYULUHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTN) OLEH PUSKEMAS PANCUNG SOAL

 

Pada hari Kamis, Tanggal 19 November 2020 Puskesmas Pancung Soal mengadakan kegiatan Penyuluhan Pengendalian Penyakit Tidak Menular atau sering disebut juga dengan singkatan (PTM) dengan tema "Dengan perilaku CERDIK Mari kita cegah Penyakit Tidak Menular". Kegiatan ini bertempat di Mesjid Nurul Haq Sungai Gemuruh.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Dari Perangkat Nagari Inerapura Selatan, Bidan Desa, Puskesmas Pancung Soal serta sejumlah Masyarakat Nagari Inderapura Selatan,

Materi yang Disampaikan  mengenai deteksi dini untuk mengendalikan faktor risiko PTM, Contoh penyakit tidak menular, Sedikit penjelasan mengenai apa itu CERDIK.

Yang termasuk dalam Deteksi dini untuk mengendalikan faktor risiko PTM antara lain pemeriksaan tekanan darah ,cek gula darah ,cek asam urat dan cek kolesterol. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tidak menular, di antaranya faktor genetik atau turunan, usia lanjut serta faktor lingkungan, seperti Polusi

Selain itu, penyakit tidak menular juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memilki gaya hidup kurang sehat, misalnya: Kurang olahraga, Kebiasaan merokok, Konsumsi alcohol, Pola makan tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi kolesterol, garam dan gula, serta kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Berberapa Contoh penyakit tidak menular adalah sebagai berikut:
1. Penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembulu darah)
2. Diabetes
3. Kanker
4. Gangguan pernapasan kronis
5. Penyakit ginjal

6. Gangguan mental

Beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar meminimalisir PTM tersebut dengan singkatan CERDIK, CERDIK adalah singkatan dari :

C: (Cek Kesehatan Rutin)
E: (Enyahkan Asap Rokok)
R: (Rajin Aktivitas Fisik)
D: (Diet Seimbang)
I  :(Istirahat Cukup), dan
K: (Kelola Stres)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image