You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Selatan
Nagari Inderapura Selatan

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE INDERAPURA SELATAN

Update Data Covid -19 di Sumbar

VINNI YUNITA 13 April 2020 Dibaca 102 Kali

Senin, 13 April 2020

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari Update Data Covid-19 2020 di Sumbar,Minggu tanggal 12 April 2020  terjadi lonjakan  tambahan Positif Covid-19 sebanyak 12 (dua belas) orang di Sumbar, yang terbanyak itu tambahan dari Kota Padang sebanyak 10 (sepuluh) orang.Mentawai 1 (satu) orang dan Pasaman 1 (satu) orang.

Dari kota Padang ada satu keluarga yang 5 (lima) orang, tetapi masih dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga mereka hanya isolasi mandiri di rumah yang di awasi secara ketat oleh Tim Kesehatan.Keluarga ini terpapar karena kontak dengan anggota keluarganya yang sebelumnya telah dinyatakan Positif Covid-19.Salah seorang dari mereka juga berusaha dan berjualan di Pasar Raya Padang dan sekarang Tim Kesehatan telah Mentracing sejarah kontak mereka di Pasar Raya tersebut.Sementara 5 (lima) orang lagi adalah Pasien PDP yang telah di rawat di RS M.djamil Padang.

Pasien positif lain 1(satu) orang dari  Mentawai, yang merupakan Mahasiswi dari Jakarta dan sekarang yang bersangkutan di rawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh Tim Kesehatan.

Satu orang lagi dari Pasaman,laki-laki berumur 35 tahun merupakan menantu dari pasien pertama dari Pasaman.Sekarang isolasi mandiri.Namun karena adanya kekhawatiran warga sekitar terpapar Covid-19, maka Pemkab Pasaman berupaya mencari tempat karantina terdekat dari Pasaman.Tadi kami telah menawarkan kepada Pemkab Pasaman melalui Sekdanya berbagai lokasi karantina Provinsi dan kalau memang di perlukan agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar.

Secara keseluruhan,yang telah dinyatakan positif Covid-19 adalah 44 (empat puluh empat) orang, dengan rincian :

- Dirawat 15 orang

- Isolasi diri di rumah 19 orang

- Sembuh 7 orang

- Meninggal dunia 3 orang

Di lain pihak, hari ini kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT, bahwa telah ada tambahan pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh oleh Tim Kesehatan RS M.djamil Padang, yaitu pasien dari Pesisir Selatan.Artinya telah 2 orang pasien dari Pessel dinyatan sembuh.Total yang telah sembuh 7 orang.

Dari laporan berbagai Rumah Sakit rujukan yang merawat pasien positif Covid-19, secara umum di nyatakan berangsur pulih dan membaik.Untuk itu mari bersama-sama berdoa,semoga saudara kita yang lagi di rawat tersebut disembuhkan oleh Allah SWT.

Berikut rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami ambil dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Minggu 12 April 2020, pukul 13.00 Wib.

- Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 5.118 orang.

- Proses Pemantauan 1.012 Orang.

- Selesai Pemantauan 4.106 Orang.

- Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 151 orang.

Dari 151 PDP tersebut, 27 orang masih di rawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil Laboratorium Negatif Covid-19 sebanyak 98 orang dan Isolasi Diri di rumah 26 orang.

Rincian pasien Positif Covid-19 berdasarkan rumah sakit :

RS.M Djamil Padang 

- Dirawat 8 orang

- Isolasi di rumah 0 orang

- Sembuh 2 orang

- Meninggal dunia 2 orang

Total 12 orang

RS.Ahmad Mochtar Bukittinggi

-Dirawat 3 orang

- Isolasi di rumah 3 orang

- Sembuh 2 orang 

- Meninggal dunia 0 (Nol) orang

Totalnya 8 orang

RS.Semen Padang Hospital

- Dirawat 1 orang

- Isolasi di rumah 0 (Nol)

- Sembuh 0 (Nol) orang

- Meninggal dunia 1 orang

Total 2 orang

RSUD Pariaman

- Dirawat 0 (Nol) orang

- Isolasi dirumah 1 ( satu ) orang

-Sembuh 0 (Nol) orang

-Meninggal dunia 0 ( Nol ) orang

Total 1 orang

RSUD M Zein Painan

- Di rawat 1 orang

- Isolasi dirumah 0 orang

- Sembuh 0 (nol) orang

- Meninggal dunia 0 (nol) orangTotal 1 orang

RS.Bhayangkara

-Dirawat 1 orang

- Isolasi di rumah 1 orang

- Sembuh 0 (nol) orang

- Meninggal dunia 0 (nol) orang

Total 1 orang

RSUD Kepulauan Mentawai

- Dirawat 1 orang

- Isolasi dirumah 0 (nol) orang

- Sembuh 0 (nol) orang

- Meninggal dunia 0 (nol) orang

Total 1 orang

Pasien Positif Covid-19 yang Isolasi Mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS rujukan sebanyak 18 orang,dan telah dinyatakan sembuh/negatif sebanyak 3 orang oleh Tim Kesehatan.Artinya masih ada 15 orang lagi yang isolasi mandiri d irumah dan berdasarkan laporan Tim Kesehatan yang tiap hari memantau mereka ,kondisi 15 orang tersebut stabil.jika nanti hasil test laboratorium mereka telah dinyatakan  negatif, maka mereka akan diyatakan sembuh.

Untuk itu, mari kita berdoa semoga wabah Covid-19 ini dapat segera diatasi dan semoga saudara saudara kita yang dirawat diberikan kesabaran dan segera disembuhka  Allah SWT.

Untuk Tim Paramedis dari semua tingkatan, Gubernur, wakil Gubernur, DPRD Provinsi, Forkompimda, MUI dan seluruh Stakeholder kepemerintahan Provinsi Sumatera Barat beserta seluruh masyarakat,mengucapkan terima kasih yang tulus atas dedikasi serta pengababdiannya.Kami doakan semoga sehat selalu dan dilindundi Allah SWT.

Wassalam..

 

Tks

 

Jasman Rizal

Kepala Biro Humas Setda Prov

Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus

Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar

 

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image